Staf Ahli MENHUMKAM : Pentingnya Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI

 

GARUT I Majalah Polisi Indonesia. Lembaga Masyarakat (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Garut,  Jawa Barat mendeklarasikan diri pembangunan Zona Intergitas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai instruksi Pemerintah Pusat yang telah menetapkan strategi nasional pencegahan korupsi (Stranas PK) 2019-2024 dibidang reformasi hukum.

Kristyo Nugroho Kalapas Garut disaat disambangi Majalah Polisi Indonesia di ruang kerjanya, Jum’at 21 /08/ 2020 mengatakan, jika pihaknya optimistis bisa meraih predikat WBK.

“Karena selama ini pihaknya telah berusaha melakukan tugas dan fungsi sesuai dengan SOP yang berlaku.

Semoga kami bisa mengemban amanah Stranas PK 2019 dengan baik.” Katanya disela persiapan sholat Jum’at.

Lanjut Kristyo, sebenarnya kegiatan Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat sudah dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2020, kata Kalapas.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Aula Lapas Kelas IIB Garut, yang dihadiri oleh Agus Hariadi sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga dan PK Ahli Utama Bapak Dewa Putu Gede.

“Dalam sambutannya Staf Ahli Menhumkam menekankan pentingnya Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.”

Masih kata RM.Kristyo, bahwa membangun ZI Menuju WBK/WBBM tidak mudah seperti membalikkan kedua tangan kita tetapi pasti bisa.

Menurutnya, ada dua hal yang harus dicapai, pertama adalah dokumen dan pembangunan fisik yang menurutnya relatif mudah dipenuhi.

“Yang paling sulit mungkin adalah kita terbebas dari perilaku koruptif.” terangnya.

Kristyo mengungkapkan yang paling sulit diubah adalah ‘kebiasaan’ menerima gratifikasi di mana sering terjadi di instansi pelayanan publik.

Karena petugas penyelenggara pelayanan publik pasti berhadapan dengan godaan dari pengguna layanan untuk mendapatkan pelayanan yang istimewa dan melanggar SOP.

“Kristyo yakin Lapas Kelas IIB Garut mampu untuk meraih predikat ini, pungkasnya. (MPI Garut)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply