SIM yang Telah Habis di Masa Pandemi Antara bulan Maret, April, Mei, Dapat Dispensasi Tidak Kena Denda

JAKARTA I Majalah Polisi Indonesia. Polri telah mengumumkan pembukaan kembali pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) baik perpanjangan maupun pembuatan baru. Polri juga memberikan dispensasi kepada masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis saat pandemi Corona (COVID-19).

Biasanya, SIM yang masa berlakunya habis lewat satu hari saja maka diminta untuk bikin baru. Tapi saat ini, masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis dan belum sempat diperpanjang karena situasi pandemi Corona tak perlu membuat SIM baru.

“Bagi masyarakat yang SIM-nya telah habis di masa pandemi itu bulan Maret, April, Mei, habis, ada dispensasi dari kepolisian sampai tanggal 29 Juni. Jadi kalau misalnya masyarakat datang, hadir, walaupun SIM-nya telah mati, atau telah tidak berlaku lagi di masa pandemi Corona ini tetap dilayani sebagai perpanjangan. Jadi bukan membuat SIM yang baru. Dispensasi sampai tanggal 29 Juni,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono saat konferensi pers, Selasa (2/6/2020).

Dispensasi perpanjang SIM yang mati saat pandemi Corona juga berlaku di layanan SIM keliling. Argo menegaskan, hal itu berlaku untuk seluruh Indonesia.

“Tetap pemberlakuannya sama ada dispensasi sampai tanggal 29 Juni (untuk SIM keliling). Jadi masyarakat tidak perlu khawatir yang masa berlakunya habis sejak bulan Maret selama pandemi Corona ini, itu bisa diperpanjang untuk pembuatan SIM. Itu berlaku di seluruh Indonesia,” ujar Argo. (Detik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply