Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat : Bandung Zona Merah, Dimohon Kewaspadaannya

BANDUNG I Majalah Polisi Indonesia.  Salah satu daerah yang kini dinyatakan zona merah Covid-19 yakni Kota Bandung. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil.

Pria yang Kerap disapa Kang Emil ini mengungkapkan, adanya perubahan zona merah dalam penyebaran Covid-19 di wilayahnya, karena kurangnya disiplin masyarakat terhadap protocol kesehatan.

“Bergeser, jadi zona merah minggu lalu yang diumumkan minggu ini adalah Kota Bandung zona merah, dimohon kewaspadaannya.

Selain Kota Bandung, KBB (Kabupaten Bandung Barat) zona merah, Kota Bogor masih zona merah, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi,” ujar kang Emil, Senin, 5 Oktober 2020.

Ridwan Kamil mengimbau warga yang berada di wilayah tersebut meningkatkan kehati-hatiannya dan harus dilakukan pensisiplinan protocol kesehatan yang ketat guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Beda dengan daerah sebelumnya, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon yang disebut zona merah, kini beralih.

“Minggu lalu itu Cirebon. Kini Cirebon sudah tidak lagi masuk Zona merah, jadi alhamdulillah,” ujarnya. 

Menurutnya, dalam sebaran kasus Covid-19 di Jawa Barat masih didominasi dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi (Bodebek).

“Masih sama 73 persen sumbangan kasus harian datang dari wilayah Bodebek, kemudian dari 5,300-an desa dan kelurahan. Ada 10 desa dan kelurahan yang masuk risiko tertinggi, dari 10, delapannya ada dari Kota Depok,” kata Ridwan Kamil.

“Kasus masih tinggi, tapi perbandingan antara dua minggu lalu ada penurunan 20 persen. Jadi ada 5 zona merah yang harus diwaspadai. Pengetesan PCR kita sudah 426 ribu, ada kenaikan mendekati standar satu persen WHO,” ujarnya.

Saat ini jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun. (Den’S/ Yana)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply