Polsek Banjarmasin Timur Terapkan Sanksi Tilang Selama 6 Bulan

BANJARMASIN I Majalah Polisi Indonesia. Sebanyak 16 sepeda motor berhasil diamankan Polsek Banjarmasin Timur pada pelaksanaan razia balap liar di sepanjang Jalan A Yani Banjarmasin, Minggu (28/6/2020) dini hari.

Sebagian besar motor yang diamankan oleh petugas tidak memenuhi standar, seperti menggunakan knalpot blong dan tidak dilengkapi surat-surat.

Menurut Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo, SH, SIK, MH. yang didampingi Kanit Reskrim, Iptu H Timur Yono, pengendaranya rata-rata masih di bawah umur. Selain itu mereka ini mayoritas bukan warga Banjarmasin. Ada yang dari Sungai Tabuk, Gambut, bahkan ada yang dari Banjarbaru.

Proses operasi razia balap liar ini pun berlangsung dramatis, petugas harus dibuat kejar-kejaran hingga membuat strategi memblokade jalan agar para pelaku ini dapat dijaring.

Ditambahkan AKP Susilo SH, SIK, MH, aksi para pemacu adrenalin jalanan ini sudah sangat meresahkan dan membahayakan masyarakat. Mereka seolah mengabaikan keselamatan diri mereka dan pengguna jalan lain, padahal ujar Kapolsek Banjarmasin Timur sudah banyak contoh korban berjatuhan didaerah lain karena balap liar.

”Kita tidak ingin itu terjadi disini, oleh karena itu para pelaku yang terjaring akan kita tindak tegas. Jika sebelumnya kita hanya beri tilang 3 bulan, kali ini untuk benar-benar memberikan efek jera, motor para pelaku akan kita tilang selama 6 bulan,” tegas Kapolsek Banjarmasin Timur sesuai rilis yang disampaikannya.

AKP Susilo SH, SIK, MH mengatakan, ini sudah menjadi atensi Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan, SIK, MM. dalam penjabaran dari program Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK, SH, MH. yang salah satunya untuk menindak tegas para pelaku balap liar yang mengganggu ketertiban umum.

”Kita harapkan di sini tidak hanya tindakan dari Kepolisian tapi kami meminta peran serta orang tua dalam mengawasi anak-anaknya agar tidak terlibat dalam aksi balap liar atau kenakalan remaja lain yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” pungkas Kapolsek Banjarmasin Timur. (R21)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply