POLRESTA SUBULUSSALAM GELAR APEL PASUKAN KESIAP SIAGAAN PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN KARHUTLA TAHUN 2021 KOTA SUBULUSSALAM

Subulussalam | Media Polisi Indonesia – Dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan yang akhir-akhir ini nampaknya mulai merambah di mulai dari pelebaran lahan , penebangan pohon secara ilegal , Yang berujung pada pembakaran lahan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu segenap jajaran Mapolres kota Subulussalam beserta Pemerintah Kota Subulussalam melaksanakan kegiatan Apel kesiapsiagaan dalam menangani kebakaran hutan yang bisa terjadi kapan pun dan dimanapun, kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Apel Mapolresta Subulussalam.

Kegiatan ini mengacu kepada Undang-undang dasar 1945 tentang Kebakaran hutan yaitu, Undang – undang No. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Undang-Undang No. 39 tahun 2014 tentang perkebunan, Inpres No. 3 tahun 2020 tentang penanggulangan Karhutla dalam rangka  Penguatan Pencegahan dan Gakkum sebagai upaya penanggulangan Karhutla di seluruh Indonesia, Perkap No. 1 tahun 2019 tentang sistem manajemen dan standar keberhasilan Ops Kepolisian.

, Surat Telegram Kapolda Aceh Nomor : STR/ 42 /II/OPS.1.3./2021 TGL 26 feb, dalam rangka penanggulangan karhutla Polda aceh beserta jajaran akan mengelar Ops Kepolisian Mandiri Kewilayahan.

Dalam acara tersebut Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang SE, bertindak sebagai Inspektur Apel, dalam arahan nya beliau menyampaikan bahwa Apel kesiapsiagaan yang kita laksanakan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2020 tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang langsung ditandatangi oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada 28 Februari 2020 yang lalu, serta Apel ini juga sebagai upaya pencegahan dini dalam mengantisipasi Karhutla sekaligus untuk mempermudah koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga kita harapkan tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kota Subulussalam ini.

Langkah nyata bisa melalui pencegahan preventif dengan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, Kami mengajak semua pihak untuk bersatu dan bersinergi mengerahkan semua kekuatan  mulai dari kesiapsiagaan peralatan yang kita perlukan, Hal ini menunjukkan bahwa penyelesaian karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial namun perlu kerjasama yang baik.

Kita tidak perlu saling menyalahkan tapi kita berupaya  memberikan kontribusi yang maksimal karena tindakan saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan masalah justru malah membuat masalah baru, Hal itu tentu tidak kita inginkan, dan tidak boleh terjadi karhutla bisa terjadi karena gesekan dahan pohon yang mengering pada musim kemarau juga bisa disebabkan ulah manusia namun pada umumnya Karhutla ini, karena hutan sengaja dibakar untuk membuka lahan.

Banyak kerugiaan yang ditimbulkan akibat Karhutla ini,  transportasi terganggu, jarak pandang menjadi pendek, udara tercemar selain itu pernapasan pun menjadi terganggu karena itu harus bisa kita cegah sedini mungkin dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama.

Untuk itu kembali kami ingatkan agar perusahaan pemilik lahan perkebunan lebih tanggap terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran di lahannya jangan sampai karena kelalaian terjadi musibah kebakaran lahan yang menyebabkan izin perusahaan dicabut.

Sebelum mengakhiri amanat ini kami minta kepada seluruh petugas baik itu petugas pemadam kebakaran petugas penanggulan bencana daerah, tagana dan seluruh pemangku kepentingan agar tetap siaga dan memastikan peralatan sudah siap siaga setiap saat karena terkadang kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Tutup H.Affan Alfian Bintang.

Dalam Apel tersebut di hadiri Jajaran Pemko Subulussalam seperti, Kapolres Subulussalam AKBP Qori Wicaksono SIK, Dandim 0118/Subulussalam Letkol Inf Winas Kurniawan, SIP. M. Tr (han), Kajari Saubulussaalam Mayhardy Indra Putra, SH, MH. Ketua DPRK Subulussalam Ade Fadly Pranata Bintang, Sked, Para PJU Polres Subulussalam, Dan-ki 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob, Para Camat, Para Kapolsek, Kasat Pol PP/WH Pemko Subulussalam, Kadis Kesehatan Pemko Subulussalam serta Kaban BPBD Pemko Subulussalam.

Dengan adanya Apel Kesiap siagaan terebut semoga dapat menekan kasus kebakaran hutan yang dampaknya sangat buruk bagi lingkungan serta kesehatan Masyarakat Tutup Inspektur Apel H.Affan Alfian Bintang SE. (Baharuddin Berutu) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply