Polda Sumbar kukuhkan Pokdar Kamtibmas wilayah III

PAINAN I Majalah Polisi Indonesia. Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) mengukuhkan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) wilayah III Kabupaten Pesisir Selatan. Selasa (29/9/2020).

 “Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan upaya penangkalan, pencegahan serta penanggulangan gangguan Kamtibmas dengan bentuk kerjasama. Hal inilah yang mendasari terbentuknya forum kemitraan yang disebut Pokdarkamtibmas, terutama di Pessel,’’ Kata Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol. Edi Mardianto, S.I.K., M.Si saat sambutan pada pengukuhan Pokdar Kamtibmas wilayah II di gedung Painan Convention Center (PCC).

Ia menjelaskan, masyarakat dapat memanfaatkan Pokdar Kamtibmas untuk memecahkan masalah, bersama pihak terkait bisa mengidentifikasi dan mencari solusi dengan prinsip yang berbasis kearifan lokal  Pokdar Kamtibmas juga dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang gangguan kriminalitas atau gangguan lainnya. Dia pun meminta dan memerintahkan Kapolres hingga Kapolsek untuk segera mengukuhkan Pokdarkamtibmas tingkat Kecamatan sampai ke Nagari di Pesisir Selatan.

Selanjutnya kepada Pengurus Pokdar kamtibmas diminta menjalankan forum rembuk sesuai dengan AD/ART bangun koordinasi yang baik dengan stakeholder, kemudian berperan aktif dalam mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sesuai amanat dan konstitusi serta jaga nama baik forum rembuk, juga nama baik institusi Polri dimana pun berada,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Johni Soeroto mengatakan Pokdar Kamtibmas merupakan forum rembuk, bersifat penyelesaian masalah bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam turut serta memelihara Kamtibmas. dengan mengutamakan kearifan lokal dan dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, tanpa membedakan agama, suku, jabatan, profesi dan sebagainya. Namun, membantu seluruh program daerah dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat,” terangnya.

Turut hadir Ketua Pokdar Kamtibmas Sumbar, Triski menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus dan masyarakat yang sudah mau membagi tenaga, waktu, fikiran dan materi sehingga terbentuknya kepengurusan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesisir Selatan. Triski menambahkan bahwa didalam kepengurusan Pokdar Kamtibmas itu sendiri, terdiri dari berbagai tokoh yang ada di Sumatera Barat, antara lain tergabungnya alim ulama, cadiak pandai, penghulu, lima perguruan tinggi besar di Sumatera Barat, Ketua Dewan Masjid, tokoh agama, Ketua LKAAM, Ketua berbagai Ormas, pejabat pemerintah dan berbagai profesi yang siap membantu masyarakat.

Ketua Pokdar Kamtibmas kabupaten Pesisir Selatan Riswandi Martha mengucapkan terima kasih dan mengatakan setelah pengukuhan ini semua pengurus akan menjalankan serta melaksanakan tugas dan fungsinya dengan dengan sebaik-baiknya. Dan Semoga Pokdar Kamtibmas nantinya bisa berperan sebagai kelompok yang profesional, modern, bermoral dan terpercaya .

Pjs Bupati Pesisir Selatan Mardi yang turut menghadiri acara pengukuhan menyebutkan dalam sambutannya, “Pokdarkamtibmas merupakan ujung tombak untuk menertibkan keamanan dan ketertiban di Pesisir Selatan. Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada Wakapolda Sumbar atas pengukuhan Pokdar Kamtibmas di Pesisir Selatan.

“Kepada Pokdar Kamtibmas Pesisir Selatan yang sudah dilantik, Mardi berpesan selamat bertugas. Lakukan tugas dengan baik sebagai perpanjangan tangan dari tugas Polri dalam menertibkan masyarakat,” tutupnya.

Acara pengukuhan Pokdar Kamtibmas tersebut juga dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, Dirbinmas Polda Sumbar, Pjs Bupati Pesisir Selatan, Pokdar Kamtibmas Provinsi Sumatera Barat, Kapolres Kabupaten Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval, S.Ik beserta jajaran, Forkopimda Kabupaten Pesisir Selatan, Ketua MUI Kabupaten Pesisir Selatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya. (Musmulyadi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply