Pokdarkamtibmas Diharapkan Mampu Membantu Tugas Kepolisian

 

PASAMAN BARAT I Majalah Polisi Indonesia. Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, secara resmi dikukuhkan oleh Waka Polda Sumatera Barat, Brigjen. Pol. Edi Mardianto, S.I.K., M.Si di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu, 23 September 2020.

Acara pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Pasbar H. Yulianto, S.H., M.M., Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi, S.IK, M.H. Forkopimda Pasaman Barat serta tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pasaman Barat Gusni Indra.

Dalam arahannya Wakapolda Brigjen. Pol. Edi Mardianto, S.I.K., M.Si menjelaskan “Pokdarkamtibmas adalah singkatan dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Pokdarkamtibmas dengan anggota berasal dari seluruh lapisan warga masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Kepolisian dalam Harkamtibmas.

“Sesuai dengan fungsi dan peruntukannya, kelompok masyarakat ini juga secara swakarsa harus mampu menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah-masalah kamtibmas dan menaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Wakapolda menyampaikan, ”Secara umum anggota Pokdarkamtibmas diharapkan mampu membantu tugas Kepolisian daam memelihara keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing dengan pendekatan preemtif, preventif dan solutif.

Artinya, anggota Pokdarkamtibmas dapat melakukan tindak penyuluhan dan pencegahan gangguan kamtibmas dengan batasan-batasan tertentu. Baik dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menyelesaikan masalah di tengah masyarakat seperti Tindak Pidana Ringan (Tipiring),”

“Karena sejatinya setiap kita membutuhkan rasa aman. Dengan hadirnya organisasi ini, tempat bermusyawarah yang bersifat kearifan lokal bisa menyelesaikan masalah di dalam keluarga, di dalam masyarakat serta pemerintah,” katanya.

Ia mengatakan, “kondisi pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat juga butuh rasa aman pada di bidang kesehatan. Dengan adanya Pokdar Kamtibmas bisa hendaknya memberikan peran sebagai pencegahan penyebaran Covid-19,”

Kesempatan lain, Bupati Pasaman Barat H. Yulianto, S.H., M.M. mengatakan, bahwa saat ini tugas semua pihak adalah memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19. Karena Pandemi Covid-19 sudah mengancam semua manusia, rasa takut, jika tidak berpegang teguh kepada protokol Covid-19.

“Meminta Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pasaman Barat bisa menjadi pelopor antisipasi penyebaran Covid-19. Karena hal yang paling penting saat ini adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat kita dari virus Covid-19,” sebutnya.

Bupati H. Yulianto menegaskan, untuk momen Pilkada nanti, Pokdar Kamtibmas bisa berperan dalam menyampaikan Pilkada Badunsanak. Kendatipun selama ini Pilkada di Pasbar sudah berjalan dengan baik dan badunsanak.

Tokoh adat Kabupaten Pasbar Daulat Dipertuan Parit Batu Hendri Eka Putra menyampaikan, bahwa Pokdar Kamtibmas yang baru saja dikukuhkan bisa memberikan nilai tersendiri bagi masyarakat. Apalagi Pasbar terdiri dari tiga etnis yakni Jawa, Minang dan Mandailing (JMM).

“Saya sebagai tokoh adat Kabupaten Pasaman Barat bangga dengan adanya Pokdar Kamtibmas Pasaman Barat, semoga ini bisa menjadi pelopor keamanan dan ketertiban masyarakat kita,” ujarnya. (Musmulyadi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply