Pokdar Kamtibmas Wilayah IV Sumbar Dikukuhkan Harus Punya Peran di Masyarakat

SUMBAR I Majalah Polisi Indonesia. Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kota Solok yang termasuk kedalam Wilayah IV bersamaan dengan Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya dikukuhkan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH bertempat di Gedung Kubung 13 Solok, Selasa (22/9).

Dalam sambutannya Kapolda Irjen. Toni Harmanto menyampaikan bahwa keberadaan daripada Pokdar Kamtibmas saat ini sangatlah dibutuhkan dalam menciptakan kondisi yang kondusif, mengingat tidak seimbangnya perbandingan antara jumlah penduduk dengan anggota Polri yang ada.

Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan guna mewujudkan kondisi kamtibmas yang kondusif, mengingat keterbatasan daripada jumlah personil kepolisian yang ada. Salah satu kegiatan yang diharapkan dari Pokdar Kamtibmas ini adalah meminimalisir persoalan yang muncul atau juga menjadi problem solving,” ujar Kapolda.

Selanjutnya dikatakan, persoalan-persoalan hukum yang dihadapi oleh masyarakat sangat tergantung masyarakat itu sendiri, khususnya dalam pemecahan masalah yang memang harus dihadapi oleh seluruh elemen masyarakat itu sendiri. Bentuk problem solving dengan Alternative Dispute Resolution (ADR). Yaitu berupa lembaga penyelesaian sengketa atau beda pendapat melalui prosedur yang disepakati para pihak, yakni penyelesaian di luar pengadilan dengan cara konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi, atau penilaian ahli.

Kemudian Kapolda juga berharap, bahwa dengan lahirnya Pokdar Kamtibmas Wilayah  IV yang sudah mendapatkan legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM, seyogyanya inipun Pemerintah Daerah bisa mengalokasikan anggaran untuk program Pokdar Kamtibmas ini, sepertinya yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mentawai yang mengalokasikan dana hingga 3 Milyar dari APBD,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Solok H. Gusmal, S.E., M.M. Datuak Rajo Lelo yang menjadi perwakilan dari Walikota dan Bupati yang hadir dalam sambutannya mengatakan ,” keberadaan Pokdar Kamtibmas ini sangatlah strategis dan dibutuhan sekali sebagai perpanjangan tangan daripada kepolisian dalam rangka menciptakan kondisi ketertiban yang kondusif ditengah – tengah masyarakat, atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih dengan adanya program Kapolri ini, karena tugas – tugas yang akan dijalankan nantinya adalah untuk kepentingan daerah dan kepentingan masyarakat dalam menciptakan kondisi yang kondusif. Dimana Persoalan yang muncul nantinya dapat diselesaikan dahulu ditingkat bawah sebelum menjadi persolan hukum, yang dimulai dari pemetaan persoalan ditingkat masing – masing Kabupaten /Kota dan tentunya masukan akan sangat penting bagi kepolisian dan pemerintah daerah,” ujar Bupati H. Gusmal, S.E., M.M. Datuak Rajo Lelo.

Kemudian H. Gusmal, S.E., M.M. Datuak Rajo Lelo berharap agar Pokdar Kamtibmas di masing kabupaten / Kota yang baru saja dikukuhkan bisa bekerja dan memberikan masukan terhadap pemerintah dan juga Kepolisian sendiri, di samping itu dengan kondisi Covid-19 yang belum juga reda kiranya Pokdar Kamtibmas juga bisa turut membantu pemerintah memutus mata rantai, karena hal ini tidak bisa hanya Pemerintah Daerah, Kepolisian atau Rumah Sakit saja, peranan masyarakat sangatlah diharapkan sekali. (Musmulyadi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply