Pengabdian Aiptu Zulfan, Si Penerima Pin Emas Dari Kapolri, Karna Gagasan Cemerlangnya di Subulussalam

SUBULUSSALAM | Majalah Polisi Indonesia. Nama Zulfan efendi seorang anggota Kepolisian Sektor Penanggalan, Polres Subulussalam begitu melekat di hati masyarakat kota Subulussalam.

Babhinkamtibmas Polsek Penanggalan Berpangkat Ajun Inspektur Polisi Satu ini dikenal sebagai sosok yang memiliki nilai-nilai sosial yang sangat tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya.

Atas pengabdiannya Zulfan ayah dari lima orang nak tersebut di nobatkan sebagai polisi teladan se-Aceh pada tahun 2019.

Keramahannya pada semua kalangan yang di jumpainya serta sikap yang sangat luwes membuat siapa saja mudah saja akrap dengannya.

Sederet kegiatan yang berbentuk Sosial ia prakarsai seperti membuat  saana air bersih di pesantren perbatasan minhajussalam Desa Kampung baru kecamatan Penanggalan.

Berkat niat tulus dari Aiptu Zulfan 450 santri minhajussalam dapat memperoleh sarana air bersih dengan mudah, serta berkat perbuatan yang sangat mulia ini Aiptu Zulfan memperoleh predikat Polisi teladan nomor satu di Aceh pada tahun 2019 dan mendapat pin emas dari Muhammad Tito Karnavian , Kapolri saat itu.

Meski sempat gagal menembus level Nasional , tetapi Aiptu tetap melanjutkan Pengabdiannya, Sebab tujuan utama dari Aiptu Zulfan bukanlah sebagai sarana perlombaan tetapi tulus melayani  masyarakat serta mengabdi kepada negara tercinta dimana dia di lahirkan dan ditugaskan.

“Alhamdulilah diprovinsi mendapat juara 1 dan Pin emas dari Kapolri, tapi pada daasar nya apa yang saya lakukan Murni sebagai pengabdian untuk Masyarakat” kata Aiptu Zulfan efendi kepada media Polisi Indonesia.

Hari ini, pada 1 Juli 2020 bertepatan dengan Hari Ulang tahun Bhayangkara yang ke 74, jadi momen bahagia dari ayah 5 orang anak ini, Karna pada hari ulang tahun korp Polisi ia resmi berpangkat Aiptu.

Dalam perjalanan karirnya Alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Al-ikhlas Dairi ( STAIS-AD) Sumatera utara ini terus berkarya demi kepentingan Masyaarakat.

Dan kini di tengah-tengah pandemi Covid 19 Aiptu Zulfan juga tak ketinggalan untuk berdarmabakti untuk Masyarakat yang ada di wilayah tugasnya, Hampir setiap hari Aiptu Zulfan tak kenal lelah mensosialisasikan tentang bahaya Covid 19 kepada Masyarakat dan menghimbau untuk selalu menjalani pola hidup sehat.

Tidak sampai disitu , ia juga turun kerumah rumah warga guna menyerahkan bantuan alat cuci tangan, Handsanitizer dan sembako kepada warga miskin dan juga kaum jompo.

Tak hanya itu Aiptu zulfan juga aktif dalam kegiatan bedah rumah dhuafa, serta membantu membagikan sembako kepada kaum dhuafa yang sudah masuk kategori lansia.

Bersama perangkat desa Aiptu zulfan juga menjadi bagian pengawas dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai(BLT), Dia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur ataupun pekarangan untuk ketahanan pangan dalam situasi pandemi saat sekarang ini.

Berbagai tanaman plawija sudah berhasil dikembangkan masyarakat di setiap perkarangan rumah warga berkat partisipasi Aiptu Zulfan efendi.

 Terkait semua persoalan masyarakat , sosok Zlfan berhasil menjadi mediasi sebelum persoalan jatuh ke ranah hukum,ia tak pernah gagap dalam berdiskusi dan memberikan ide cemerlang guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah tugasnya karna sikapnya yang di kenal ramah dan humanis.

Setiap masyarakat yang berjumpa dengan sosok Polisi ini selalu di sambut dengan senyum dan sapa dan tak jarang di sertai dengan rangkulan persahabatan hingga membuat siapa saja merasa nyaman.

Di tangah perbincangan dengan media Polisi Indonesia, Zulfan menceritakan bagaimana cikal bakal ia mulai mencoba menggagas sarana air bersih di dayah yang berada di perbatasan Aceh Sumatera itu beberapa tahun lalu.

Berkat ide dan gagasan nya krisis air bersih yang selama ini di alamai 450 santri yang ada di dayah Minhajussalam, Desa kampung baru kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam akhirnya dapat Teratasi.

Sosok Polisi yang kini sudah berpangkat Aiptu ini memang sudah tak asing lagi keluarga besar dayah minhajussalam.

Betapa tidak, Pria kelahiran Sigli, 12 Agustus 1979, saban waktu selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke dayah yang sudah beropasi sejak tahun 2009 ini.

Bahkan karena perhatiannya yang sangat besar Aiptu Zulfan pun di angkat menjadi bagian pengurus komite di dayah Minhajussalam.

Aneka gebrakan di lakukan pria tamatan SMA pertanian saree ini untuk membantu peningkatan Dayah minhajussalam , dan salah satu gagasan terbesar Pria lima orang putra dan putri ini ialah waduk dan bangunan air bersih.

Waduk yang lebarnya hampir 900 meter persegi dan kedalaman tiga meter ini menjadi pemasok air bersih utama dayah Asuhan Abuya Khalil tersebut, Sehingga  kiini ratusan santri yang dulunya krisis Air bersih kini telah terbantu oleh tangan dingin sosok Polisi berpangkat Aiptu ini.

Sebenarnya hampir tidak ada yang percaya jika pembangunan waduk dan bangunan air bersih dengan dana mencapai puluhan juta dan mungkin ratusan juta itu di kerjakan swadaya.

Sebagian besar kalangan sempat mengira kalau pembangunan tersebut merupakan sebuah proyek padahal semua dananya dihasilkan dari bantuan semua donatur yang di galang melaui jamahan tangan Polisi yang juga Bhabinkamtipmas Polsek Penanggalan ini.

”Banyak ide cemerlang dan bantuan langsung yang kami rasakan, kalau ada masalah kami tidak segan untuk berdiskusi dengan bapak polisi yang satu ini(Zulfan) Karna dia selalu siap setiap kami membutuhkan bantuan apapun da kapanpun” ujar daun cibro salah seorang warga.

Pimpinan dayah perbatasan Minhajussalam Tgk Syafrudin Alyusufi membenarkan betapa besarnya peran Zulfan efendi dalam membantu pengembangan dayah Minhajussalam salah satunya yaitu sarana air bersih, sebab persoalan utama dayah selama ini ialah menyangkut ketersediaan air bersih.

Dan saat ini sarana airbersih sudah tersedia di dayah yang berada di tepi jalan Nasional Aceh Medan itu, Tinggal lagi kata Tgk Syafruddin Dayah membutuhkan alat pengolahan untuk mensterilkan air agar lebih bersih dan sehat untuk dapat di gunakan.

Disamping bekerja sebagai seorang anggota Kepolisian, Aiptu Zulfan gemar membantu dan menolong ke sesama yang susah dan sulit seperti warga yang kurang mampu orang terlantar dan jompo, Semoga Dharmabakti Aiptu Zulfsn efendi selalu menginspirasi banyak pihak sehingga tercipta sosok sosok seperti Aiptu Zulfan efendi si Polisi dengan sejuta ide dan Gagasan. (Baharuddin Berutu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply