Padang Panjang Gelar Razia Masker Empat Kali Dalam Seminggu

 

SUMBAR I Majalah Polisi Indonesia. Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat bersama TNI dan kepolisian setempat bakal menggelar razia masker sekurangnya empat kali dalam sepekan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat pada penerapan protokol Covid-19.

“Sekurang-kurangnya dalam sepekan kami lakukan razia masker sebanyak empat kali. Kapan harinya itu tidak ditentukan,” kata Kepala BPBD Kesbangpol Padang Panjang Marwilis di Padang Panjang, Selasa.

Dalam pelaksanaan razia penegakan protokol Covid-19, terangnya tim gabungan akan mengitari lokasi sasaran sekaligus memberikan sosialisasi pada masyarakat mengenai protokol Covid-19 dan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang sudah disepakati Pemprov Sumbar dan DPRD setempat.

Jika ditemukan warga yang masih melanggar protokol kesehatan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan tindakan persuasif maupun sanksi namun tetap humanis.

“Yang melanggar bisa saja diberi sanksi sosial seperti ditempatkan dalam mobil pelanggar protokol Covid-19 atau bentuk sanksi lainnya, yang jelas masih secara humanis,” katanya.

Namun jika perda sudah mulai berlaku, maka dalam pelaksanaan razia akan diiringi tindakan represif atau penegakan hukum bagi para pelanggar.

“Sekarang masih dalam sosialisasi. Bila perda sudah keluar maka kami lakukan penegakan hukum bisa kurungan atau denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan penuh kesadaran bahwa cara tersebut dapat membantu melindungi diri dan orang lain dari risiko penularan virus.

“Patuhi protokol Covid-19 dan jadikan sebagai kebutuhan agar kita bisa memutus rantai penyebaran virus, bukan patuh ketika melihat petugas melakukan razia saja,” katanya. (Ari Yunanda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply