LKPJ Bupati Raja Ampat Tahun Anggaran 2019 Resmi Ditutup

 

Papua Barat I Majalah Polisi Indonesia. Rapat Paripurna Pertama masa sidang pertama dalam rangka penetapan dan pengesahan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Raja Ampat Tahun Anggaran 2019 resmi ditutup.

Sidang paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang DPRD Raja Ampat Ampat yang terletak di Jl. Moh. Saleh Taesa, Kelurahan Sapordanco Distrik Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat Selasa ( 14/07/2020 ) kemarin.

Penetapan dan pengesahan LKPJ Bupati Raja Ampat Tahun Anggaran 2019 ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Raja Ampat,Abdul Wahab Warwey dan dihadiri sejumlah Anggota DPRD Raja Ampat.

Turut hadir dalam sidang paripurna itu Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati SE,  sejumlah Forkopimda di Raja Ampat serta beberapa Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat.

Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati SE dalam sambutannya menyatakan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) disusun dan disahkan dalam bentuk Peraturan Daerah ( Perda ).

“Penyampaian APBD yang dimulai dari penyusunan rencana kerja tahunan sampai dengan pertanggung jawaban dilakukan melalui siklus dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh DPRD dan Pemerintah Daerah” jelas Bupati yang kerap sapa AFU ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati AFU juga mengajak kepada seluruh elemen agar senantiasa meningkatkan kinerja dan transparansi serta Akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran yang dimulai dari perencanaan hingga pelaksanaanya.

“Semua ini dalam rangka pemenuhan cita-cita kita bersama yaitu terbentuknya suatu aparatur pemerintah yang bersih tertib dan berwibawa agar dapat mengantarkan masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera”terang Bupati AFU.

Diujung dambutan,Bupati Raja Ampat juga memberikan Apresiasi kepada ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD kabupaten Raja Ampat yang telah secara cermat dan teliti melakukan pembahasan dan dialog terkait LKPJ Tahun 2019.

“Mari kita teruslah berlangkah bersama, bergandengan tangan dalam membangun Raja Ampat kedepan yang semakin maju”demikian ajaknya.

Katanya, LKPJ dari tahun ke tahun sebagaimana merupakan suatu mekanisme dan sebuah kewajiban sebagai Bupati untuk memberikan Laporan kinerja pertanggung jawaban, sebagaimana sebelumnya LKPJ tersebut telah diaudit oleh institusi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dengan penyerapan dan pelaksanaan di tahun anggaran 2019.

“Sebagaimana yang dapat kita ketahui bahwa Raja Ampat diberikan dan dinilai oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Papua Barat, dalam peyerapan ataupun  pertanggung jawaban (LKPJ) anggaran tahun 2019 diberikan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), ini merupakan yang ke enam kalinya yang kita dapatkan, dan ini tentunya merupakan keberhasilan antar kerja sama Legeslatif dan Eksekutif,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan, semua kesimpulan dari rekomendasi yang diamanatkan oleh fraksi-fraksi di DPRD Raja Ampat merupakan kontribusi dan masukan terbaik.ia juga mengaku akan menindaklanjuti dan melaksanakan rekomendasi tersebut.

Tempat yang sama, Ketua DPRD Raja Ampat, Abdul Wahab Warwey menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu, komisi-komisi DPRD sesuai tugas dan kewenangannya bersama pihak Eksekutif melakukan pembahasan LKPJ yang tentunya menghasilkan rekomendasi yang perlu di tindaklanjuti untuk mengukur kinerja Pemerintah Daerah dalam menetapkan program kegiatan pembangunan berskala prioritas dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah.

“LKPJ bupati Raja Ampat merupakan indikator kepala daerah untuk mengukur kinerja jajaran pemerintah daerah dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat di berbagai bidang, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang yang berlaku dan sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD, ” ujar Warwei.

Dikata Warwei, DPRD hanya memberikan rekomendasi dan catatan sebagai bahan pertimbangan ke pemerintah, yang mana diharapkan meningkatkan optimalisasi kinerja eksekutif, “Kata Ketua DPRD menandaskan. (Yan Saefudin)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply