Kerumunan Masa Di Kambang Iwak Park, Palembang di Masa Adaptasi Baru

PALEMBANG  I  Majalah Polisi Indonesia. Kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di Jalan Tasik sekitar Taman Kambang Iwak Palembang, atau dikenal dengan Kambang Iwak Park (KIP) Palembang Sumatera Selatan, kembali dipenuhi warga dan pedagang kaki lima yang menggelar aneka ragam barang dagangannya di masa adaptasi baru.

Kawasan car free day (CFD) di Palembang, Minggu pagi 4/9/2020, setelah sempat sepi sekitar lima bulan dampak wabah Covid-19, kini tampak kembali ramai seperti keadaan normal saja dan  dikunjungi warga kota setempat yang akan berolahraga atau hanya jalan santai dan dimanfaatkan pedagang kaki lima menggelar berbagai jenis barang jualannya.

Puluhan pedagang aneka jenis makanan, minuman ringan, pakaian, mainan anak-anak dan barang lainnya memadati kawasan itu.

Sejumlah titik kawasan ini menjadi tempat pedagang menjajakan dagangan dengan membuka lapak seadanya, menggunakan sepeda serta ada yang menggunakan mobil pribadi dan mobil niaga bak terbuka.

Kawasan hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Jasik samping Rumah Dinas Wali Kota Palembang itu sangat diminati warga kota setempat sehingga menjadi tempat strategis pedagang kaki lima menggelar aneka ragam barang dagangannya.

Pakaian yang dijual di kawasan itu mulai dari pakaian anak-anak hingga dewasa, sedangkan aneka jenis makanan dijajakan pedagang antara lain bubur kacang hijau, bubur ayam, lontong sayur, pempek, mi ayam serta aneka jenis roti dan kue.

Pendi salah satu pedagang peci/ kopiah jalanan mengatakan setelah masa psbb dilalui dan musim pandemi covid-19 yang terus menerus ada, membuat hidup harus bertahan.

“Saya biasa jualan di lorong Basah pasar 16, dan hari ini sepertinya ada kelonggaran di sini bang,” ujarnya.

Pengawasan ketat dari Pihak Pol PP sudah tidak lagi seperti pekan sebelumnya, jadi saya bisa gelar lapak bebas di tepi jalan Tasik ini.

Salah satu penjual Mie tek tek di jalan yang sama juga sempat dibincangi Majalah Polisi Indonesia, dan pernyataan yang sama seperti sebelumnya bahwa hari ini betul-betul dibebaskan dari petugas Pol PP. “Kami senang bang, di sini sangat ramai dan jam 10 pagi sudah habis dagangan saya,” jawabnya sumringah tanpa mengenakan masker.

Saat mencoba menghubungi  langsung petugas Pol PP di lokasi, mereka enggan diwawancarai, “Dengan komandan saya saja pak yang sedang operasi Yustisi di Benteng Kuto Besak BKB Palembang” katanya, minta untuk tidak disebutkan namanya.

Sepertinya tidak terjadi pengetatan atas protokol kesehatan untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19 di lokasi ini. Kerumunan masa membludak tumpah ruah sejak subuh hingga pukul 10.00 pagi. Sisi kanan jalan Tasik yang biasanya steril pedagang, kini dipenuhi pedagang kaki lima dadakan yang sibuk berjualan dan pengunjung yang menikmati dagangan mereka.

Melihat kondisi kawasan CFD tersebut semakin diminati warga kota untuk tempat bersantai pada akhir pekan dan berdagang, diharapkan kepada Pemkot Palembang di bawah kepemimpinan Wali Kota Harnojoyo memanfaatkan momentum masa adaptasi baru lebih produktif aman dari Covid-19 ini untuk melakukan penataan Taman Kambang Iwak tersebut. (Bilal Tribudi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply