Kepolisian Israel Selidiki Kematian Dubes China, Beijing Belum Berkomentar

Duta Besar China untuk Israel, Du Wei, ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di apartemennya di Herzliya, sekitar 10 km dari Tel Aviv, dan sejauh ini kepolisian Israel belum bisa menjelaskan penyebab kematian Du karena masih dalam proses penyelidikan.

“Sebagai bagian dari prosedur reguler, ada unit kepolisian di lokasi kejadian,” kata juru bicara polisi Israel, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Seorang pejabat mengatakan kepada BBC bahwa kepolisian telah memulai penyelidikan tentang kematian Du Wei yang terjadi pada Minggu (17/05), tetapi indikasi awal menunjukkan kematiannya tidak mencurigakan.

Du, 57, baru menjabat sebagai duta besar pada Februari dan sebelumnya ditugaskan di Ukraina. Ia sudah menikah dan mempunyai seorang putra, tetapi keluarganya belum sempat pindah ke Israel.

Stasiun televisi Israel 12 TV dengan mengutip sumber-sumber anonim dari pihak kesehatan, mengatakan indikasi awal menunjukkan Dubes Du Wei meninggal dunia secara alami saat tidur.

Pihak berwenang China belum memberikan keterangan terkait kematian Du.

Dalam pernyataan yang diunggah ke situs resmi Kedutaan China setelah penunjukan sebagai dubes, Du memuji hubungan antara “negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia dengan Israel sebagai negara baru”.
Isolasi mandiri setibanya di Israel

Ketika baru tiba di Israel pada tanggal 15 Februari, Du langsung melakukan isolasi mandiri selama dua minggu sesuai dengan pembatasan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Terkait dengan suara-suara yang mengkritik penanganan China -asal muasal virus corona- Du mengatakan negaranya dijadikan kambing hitam di dunia.

Kendaraan polisi dan ambulans tampak diparkir di depan apartemen Apartemen Du Wei di Herzliya. (EPA)

Hal itu ia ungkapkan dalam wawancara dengan surat kabar Israel, Makor Rishon bulan lalu.

“Dalam sejarah, lebih dari sekali, sekelompok orang tertentu dituduh menyebarkan pandemi,” kata Du.

“Itu tercela dan patut dikecam. Penyakit ini adalah musuh dari seluruh umat manusia dan dunia harus memeranginya bersama-sama.”

Pada Jumat (15/05), Kedutaan China mengeluarkan pernyataan pedas terhadap Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, yang dalam kunjungan ke Israel, mengkritik cara China menangani pandemi virus corona.

Kedutaan Besar China mengecam “pernyataan aneh” Pompeo dengan menepis tudingan bahwa China menutup-nutupi krisis ini.

Sumber : https://news.detik.com/bbc-world/d-5018879/kepolisian-israel-selidiki-kematian-dubes-china-beijing-belum-berkomentar?tag_from=wp_nhl_3

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply