Kapolres Subulussalam Qori Wicaksono Akan meningkatkan Kasus Ketahap Penyidikan Jika Terbukti Limbah Menyebabkan Ikan Mati

SUBULUSSALAM | Majalah Polisi Indonesia. Kapolres Subulussalam Qori Wicaksono mengatakan penyelidikan kasus ‘ratusan ribu’ ikan mabuk dan mati massal pada Selasa, 16 Juni lalu, di Sungai Longkib sedang menunggu hasil uji laboratorium forensik Medan, Sumatera Utara.

Tim dari Sat. Reskrim Polres Subulussalam telah bergerak cepat untuk mengambil sampel di enam titik diduga air sungai tercemar dan lima ekor ikan. Didampingi staf DLHK Kota Subulussalam sampel tersebut telah dibawa ke Medan, Rabu, 17 Juni 2020, sekitar pukul 02:00 WIB dini hari.

Kapolres Qori Wicaksono meminta masyarakat bersabar dan tetap tenang menunggu hasil laboratorium forensik Medan. Kapolres Qori Wicaksono berjanji siapa saja yang melanggar hukum akan ditindak sesuai aturan hukum berlaku.

“Saya minta rekan-rekan dan masyarakat tetap tenang, jangan ada yang memperkeruh masalah. Kalau misalnya nanti ada permasalahan, melanggar aturan hukum, kita akan bertindak,” tegas Kapolres Qori Wicaksono di hadapan Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang dan pihak Manager PMKS PT BDA.

Kapolres Qori Wicaksono menyebutkan dalam penanganan kasus ikan mati ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Subulussalam jika nantinya benar ada pencemaran air sungai akibat limbah terkait langkah apa yang diambil selanjutnya.

Qori Wicaksono mengatakan, terkait penyelidikan kasus ikan mati belum ada laporan polisi, baru sebatas interogasi untuk meminta keterangan yakni dari pihak Manager PMKS PT BDA dan DLHK Kota Subulussalam. 

“Saat ini karena belum ada laporan polisi, belum malakukan pemeriksaan saksi, baru sebatas interogasi. Jika nantinya limbah itu menyebabkan ikan itu mati, kita akan tingkatkan ke tahap penyidikan. Kalau saat ini statusnya masih tahap penyelidikan. Kalau sudah penyidikan barulah kita memeriksa saksi-saksi,” ungkap Kapolres Qori Wicaksono. (Baharuddin Berutu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply