Jadwal Kajian Islam di Padang, Kamis 14 Oktober 2021/ 07 Rabiul awal1443 H – Ustadz Dalmi, S. Pd, I di Mushalla Syarif 1962 Jl. M. Yamin Padang

Padang | Media Polisi Indonesia – Memasuki akhir pekan di minggu kedua Oktober 2021, sejumlah acara kajian Islam digelar di Padang

Seperti diketahui, hukum menuntut ilmu yang salah satunya dilakukan melalui majelis taklim adalah kewajiban.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913)

Bagi Anda yang sering menghadiri majelis taklim, maka bergembiralah karena majelis taklim adalah salah satu obat hati dalam islam.

Sebagaimana kita meluangkan waktu kita untuk shalat. Ketika waktu sudah menunjukkan waktu shalat pasti kita akan meluangkan waktu untuk shalat walaupun misal kita sedang bekerja dan pekerjaan kita masih banyak. Kita akan tetap meninggalkan aktivitas kita dan segera mengerjakan shalat. Maka begitupun sebaiknya yang harus kita lakukan dengan menuntut ilmu.

Kebutuhan pada ilmu lebih besar dibandingkan kebutuhan pada makanan dan minuman, sebab kelestarian urusan agama dan dunia bergantung pada ilmu. Imam Ahmad mengatakan, “Manusia lebih memerlukan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman hanya dibutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan di setiap waktu.”

Yang dimaksud dengan kata ilmu di sini adalah ilmu syar’i. Yaitu ilmu yang akan menjadikan seorang mengetahui kewajibannya berupa masalah-masalah ibadah dan muamalah, juga ilmu tentang Allah dan sifat-sifatNya, hak apa saja yang harus dia tunaikan dalam beribadah kepada-Nya, dan mensucikan-Nya dari berbagai kekurangan” (Fathul Baari, 1/92).

Keutamaan-Keutamaan Ilmu Dan Pemilik Ilmu.Terdapat banyak dalil dari kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya terkait keutamaan ilmu dan pemilik ilmu. Di antaranya adalah:

Ilmu Menyebabkan Dimudahkannya Jalan Menuju Surga

Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

 

Ilmu Adalah Warisan Para Nabi. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh hadits,

اَلْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلَا دِرْهَامًا، وَلَكِنْ وَرَّثُوْا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

“Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah; dinyatakan shahih oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6297).

 

Ilmu Akan Kekal Dan Akan Bermanfaat Bagi Pemiliknya Walaupun Dia Telah Meninggal Disebutkan dalam hadits,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya” (HR. Muslim).

 

Allah Tidak Memerintahkan Nabi-Nya Meminta Tambahan Apa Pun Selain Ilmu

 

Allah berfirman:

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Dan katakanlah,‘Wahai Rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu“. (QS. Thaaha [20] : 114). Ini dalil tegas diwajibkannya menuntut ilmu.

Orang Yang Dipahamkan Agama Adalah Orang Yang Dikehendaki Kebaikan

Dari Mu’awiyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

“Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037).

Yang dimaksud faqih dalam hadits bukanlah hanya mengetahui hukum syar’i, tetapi lebih dari itu. Dikatakan faqih jika seseorang memahami tauhid dan pokok Islam, serta yang berkaitan dengan syari’at Allah. Demikian dikatakan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin dalam Kitabul ‘Ilmi (hal. 21).

 

Orang Yang Berilmu Akan Allah Angkat Derajatnya

Allah Ta’ala berfirman:

…يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ..

“…Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…” (QS. Al-Mujadilah [58]: 11).

Bagi anda yang berada di kota Padang dan sekitarnya, berikut informasi kajian Islam yang di himpun oleh Media Polisi Indonesia.

 

Kajian Tafsir Qur’an :

📖 *”Tafsir Juz Amma”*

In syaa Allah bersama :

 

👤 *Ustadz Abu Abdul Aziz Dalmi, S.Pd.I حفظه الله*

👉 Pembina Media Polisi & Prajurit Indonesia

 

Latar belakang Pendidikan :

👉 Alumnus zubair bin Awwan Padang.

👉 Pernah kuliah di STAI – PIQ Padang.

👉 Alumni STIT Pasaman Barat.

 

🗓 Kamis, 14 Oktober 2021 M / 07 Rabiul awal1443 H

⏰ *Ba’da Shalat Maghrib – Sampai Selesai إِنْ شَاءَ اللَّهُ*

🕌 Mushalla Syarif 1962

Alamat : Mushalla Syarif 1962, Jl. Belakang Tangsi No 185, Kel. Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

📞 0812 67 799 799

 

Maps : https://maps.google.com/?cid=7885839963899724380

 

⚠️ *PERHATIAN* ⚠️

 

Kajian dilaksanakan dengan menerapkan ;

*PROTOKOL KESEHATAN,* dihimbau kepada para jama’ah untuk :

1. Memakai Masker.

2. Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

3. Menjaga jarak dan berjauhan antara jema’ah selama kajian berlangsung.

4. Membawa perlengkapan shalat masing-masing dari rumah.

 

_Semoga Allah mudahkan kita untuk hadir._

 

*بارك الله فيكم*

 

🔰 *Belakang Tangsi Mengaji*

🌐 Mushalla Syarif 1962

🔊 Dkm Mushalla Syarif 1962.

 

Didukung oleh Media ;

www.polisiindonesia.com

www.prajuritindonesia.com

 

Sumber : Media Polisi Indonesia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply