Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim : Puskesmas Merupakan Perangkat Pemerintah Daerah Tingkat II

BANGGAI I Majalah Polisi Indonesia. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah Organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat. Rabu 9 September 2020.

Setelah Peresmian Gereja di desa Poyang, Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM pada acara Peresmian Gedung Puskesmas Balantak Selatan dan Lounching Inovasi Popenda. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Gedung Puskesmas Balantak Selatan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kadis Kesehatan, Kadis PMPD, Camat Balantak Selatan dan Balantak Utara, unsur Forkopimcam, Kepala Puskesmas, para tenaga kesehatan, Dasawisma dan para kader sahabat Balita, para Kades, anggota BPD dan seluruh masyarakat Kec. Balantak Selatan.

Inovasi popanda (dalam bahasa Balantak) yang artinya gotong royong, merupakan salah satu inovasi yang kami bangun untuk desa yang manfaatnya tentunya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, inovasi Popanda ini wujud dari lanjutan program PINASA dari Pemerintah Daerah, jelas Kepala Puskesmas Balantal Selatan.

Mu’awanah Sub. Bagian Dokumentasi Pimpinan Bag. Prokopim Setda Banggai mengutarakan bahwa Bupati Banggai H. Herwin Yatim menyampaikan pembangunan puskesmas ini menggunakan uang Rakyat maka semoga puskesmas ini menjadi ladang amal untuk para pekerja yang mengabdikan dirinya di puskesmas ini. Puskesmas merupakan ujung tombak dari peranan pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat luas. Dengan kata lain Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Puskesmas merupakan perangkat pemerintah daerah tingkat II, sehingga pembagian wilayah kerja Puskesmas ditentukan oleh Bupati dengan saran teknis dari kepala Dinas Kesehatan.

Ditengah-tengah sambutannya Bupati menanyai satu persatu Petugas Kesehatan (PK) pada masing-masing Desa untuk memastikan kesehatan setiap KK dan memastikan apakah ada anak yang stunting di desa tempatnya bertugas, dan memastikan keadaan kehamilan apakah benar-benar sehat baik ibu dan cabang bayi dalam kandungan. Hal ini menunjukan keperdulian Bupati terhadap masyarakatnya dengan cara mewawancarai secara langsung dari petugas lapangan setiap desa di kec. Balantak selatan.

Bupati bukan hanya menyampaikan sambutannya, beliau juga berdiskusi secara terbuka dengan masyarakat yang hadir, hal ini menunjukan kedekatan bupati dengan masyarakat sangat dekat dan transparan.

Di akhir sambutannya Bupati Banggai H. Herwin Yatim berdo’a semoga kita semua selalu dalam rahmat dan lindungan Allah Subhanahu wa ta’ala. Aamiin. (Hartono Sahabo)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply