Banjir di Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota Membuat Beberapa Daerah di 2 Kab/Kota Terendam Air

PADANG I Majalah Polisi Indonesia. Hujan deras yang terjadi di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota membuat beberapa daerah di 2 Kab/Kota tersebut terendam banjir. Air yang meredam daerah terdampak ada yang cukup tinggi. Bahkan dibeberapa tempat sampai mencapai dada orang dewasa.

Dari informasi yang diperoleh, sejumlah daerah yang terdampak cukup parah. Diantaranya di Perumahan Padang Karambia, Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Banjir di Perumahan Padang Karambia ini dipicu meluapnya aliran Batang Sikali yang berada di depan perumahan tersebut. Batang Sikali ini, hulunya ada di Nagari Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kasatpol PP dan Damkar Payakumbuh Davitra, Minggu (6/9), mengatakan, akibat banjir di Perumahan Padang Karambia ini, warga perumahan itu terpaksa diungsikan tengah malam, yang terdiri dari 3 keluarga dengan 10 jiwa. Mereka diungsikan oleh petugas Satpol PP Damkar Payakumbuh yang ikut membantu Tim Reaksi Cepat BPBD Payakumbuh,” ujarnya.

Menurutnya, selain di Perumahan Padang Karambia, banjir juga terjadi di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh Barat dan beberapa kelurahan lain. Satpol PP yang sedang patroli rutin di Payakumbuh Selatan saat mendapat informasi ada banjir, petugas patroli langsung mengevakuasi warga ke atas mobil Dalmas,” tambah Davitra.

Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, yang dihubungi terpisah, menyebutkan, setidaknya banjir juga melanda lima kelurahan di kecataman yang dipimpinnya. “Di Kelurahan Koto Panjang, puluhan hektare sawah warga terendam banjir. Sementara itu di Kelurahan Padang Alai Bodi banjir juga merendam SDN 42 Bodi. Seluruh ruangan kelas dimasuki air. Sejumlah perabot sekolah seperti sofa terendam air. Sejumlah rumah warga juga kena banjir dengan ketinggian yang sama. Bahkan pada pagi harinya, jalan yang ada sangat sulit dilewati kendaraan roda dua dan mobil minibus. Cuma saat ini ketinggian banjir sudah mulai menyusut,” kata Irwan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Joni Amir didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik Rahmadinol, mengatakan, enam nagari yang wilayahnya dilanda banjir dan longsor itu adalah Nagari Balai Panjang dan Nagari Bukik Sikumpa di Kecamatan Lareh Sago Halaban. Kemudian, Nagari Taram, Nagari Sarilamak, dan Nagari Tarantang di Kecamatan Harau. Serta Nagari Durian Gadang di Kecamatan Akabiluru.

“Banjir dan longsor yang terjadi pada enam nagari ini, disebabkan karena tingginya intensitas hujan. Sehingga membuat dua sungai yang ada pada keenam nagari tersebut, yakni Batang Sinama dan Batang Harau, menjadi meluap dan menggenangi permukiman penduduk, serta kawasan pertanian,” kata Joni Amir dan Rahmadinol

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi sudah menginstruksikan kepada BPBD, untuk segera memastikan kondisi masyarakat yang rumahnya terendam air. Pastikan juga kondisi debit air Batang Harau dan Batang Sinama.“Apabila, debit air masih tinggi dan intensitas hujan masih berpotensi tinggi, maka pastikan masyarakat kita betul-betul aman. Dirikan juga tenda atau posko untuk antisipasi, bila nanti warga mengungsi,” kata Irfendi Arbi.

Dia juga meminta seluruh Kepala OPD, Camat, dan Wali Nagari, untuk selalu memantau di wilayah masing-masing. Kemudian dapat melakukan tindakan-tindakan awal apabila terjadi bencana banjir dan longsor.

Terkait hal ini, Joni Amir dan Rahmadinol menyebut, sudah mendirikan dua posko atau tenda untuk antisipasi bila terjadi pengungsian. Kedua posko itu didirikan BPBD di Nagari Taram, Kecamatan Harau dan di Jorong Kubang Rasau.

Jika kondisi bencana masih terjadi pada 6 nagari ini atau nagari lainnya di Limapuluh Kota, BPBD mengimbau masyarakat agar dapat menghubungi Pusdalops PB BPBD Limapuluh Kota atau Piket Pos Siaga Bencana BPBD yang berlokasi di Jalan Sudirman Nomor 1 Payakumbuh, dengan telepon/faks (0752) 90695. Atau kontak person Kalaksa BPBD Limapuluh Kota dengan nomor handphone 081385775775 atau Kabid Kedaruratan dan Logistik di nomor handphone 081267295200 (Pkt/Musmulyadi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply