Tangkal Radikalisme Melalui Pembangunan Kesejahteraan, Tim Sinergisitas Susun Rencana Aksi di Jawa Timur

SURABAYA  I  Media Polisi Indonesia.Wakil Ketua Pelaksana Tim Sinergisitas Antar 38 K/L, Mayjen TNI Untung Budiharto, bersilaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis (22/10/2020). Hadir dalam silaturahmi dan rapat koordinasi tersebut Kaban Kesbangpol Jawa Timur, Sidoarjo, Magetan, dan Probolinggo.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Untung Budiharto menyatakan, bahwa di masa pamdemi seperti saat ini tingkat perekrutan calon pelaku teror kian meningkat. Tak hanya itu, aktivitas pendanaan untuk aksi terorisme pun makin tinggi. Ditambah lesunya aspek sosial ekonomi yang berdampak pada menurunnya kesejahteraan masyarakat dapat menjadi pemicu seseorang teradikalisasi. 

Berangkat dari alasan tersebut, tim Sinergisitas Antar 38 K/L yang dikoordinasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membuat rencana aksi untuk diimplementasikan di Provinsi Jawa Timur. Rencana aksi yang melibatkan unsur pemerintah pusat, daerah dan masyarakat ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pembangunan fisik dan non fisik. Walaupun terkendala Covid-19, Tim Sinergisitas hendak mewujudkan 161 rencana aksi tersebut.

Kaban Kesbangpol Jawa Timur, Drs. Ec. Jonathan Judianto, M.MT., menyambut baik rencana aksi Sinergisitas yang akan direalisasikan. Ia pun menyatakan tengah membuat kajian bersama perguruan tinggi setempat untuk menelaah lebih jauh terkait potensi radikalisme khususnya di wilayah Jawa Timur. (Humas BNPT/Taufik)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply