Kadis PMPPTSP Kota Subulussalam: PT Laot Bangko Harus Ajukan Izin HGU Baru, Bukan Perpanjangan Izin

SUBULUSSALAM | Polisi Indonesia – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kota Subulussalam Asrul Assani, M.Si mengatakan, terkait status izin HGU PT di pemko Subulussalam harus lakukan pengajuan izin HGU baru, bukan perpanjangan izin.

Hal itu di utarakan Asrul Assani saat dimintai keterangannya terkait status izin Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan PT. Laot Bangko seluas 6.818 Hektar diwilayah pemko Subulussalam yang selama ini selalu mendapat kritikan tajam dari sejumlah kalangan disana, karena diduga tidak ada mengantongi izin resmi untuk beroperasi, Jum’at (01/05/2020).

Menurut Asrul, sejauh ini pihaknya belum ada mengeluarkan izin apapun terkait proses pengajuan izin baru terhadap HGU PT.Laot Bangko yang ada di pemko Subulussalam.

“Hal ini perlu saya garis bawahi, sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, bahwa terkait proses izin HGU PT. Laot Bangko tidak ada lagi yang namanya perpanjangan izin, tetapi harus dilakukan pengajuan izin HGU baru, dan sampai saat ini mereka (PT.LB) belum ada mengajukan” ucap Asrul.

Dari hasil penelusuran tim wartawan Berita Merdeka selama sepekan terahir ini, di peroleh keterangan, bahwa pihak PT. LB telah melakukan operasi Leand Clereng (LC) dan kegitan lainnya di areal kebunnya yang tidak memiliki izin resmi itu selama beberapa bulan terahir ini dengan menggunakan beberapa unit dan jenis alat berat, seperti Excavator dan Bulldozer.

“Selama ini mereka (PT.LB) terus beroperasi secara diam-diam, seperti pengukuran ulang lahan masyarakat untuk di konfensasi/ganti rugi, penanaman, Leand Cleareng (LC), bahkan setahu saya ada Empat unit alat berat yang bekerja di sana. Saya pun heran kenapa ada pembiaran” tanya seorang masyarakat yang enggan ditulis namanya beberapa hari lalu.

Terkait adanya kegitan PT. LB secara diam-diam itu, Win Alamsyah Ariga selaku Direktur PT.Laot Bangko di hubungi Polisi Indonesia via pesan singkat aplikasi WhatsApp Sabtu (02/05/2020) tidak bersedia menjawab. Beberapa pertanyaan di ajukan, namun enggan membalas.(Baharuddin Berutu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply