Sat Binmas Polres Sijunjung Gelar Operasi Bina Kusuma

Sijunjung │ Media Polisi Indonesia – Sat Binmas Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Sijunjung menggelar Operasi (Ops) Bina Kusuma. Kegiatan ini menyasar di sektor-sektor jasa yang padat interaksi, kali ini Ops Bina Kusuma bertempat di Pasar Gambok Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII. Rabu, (17/2).

Kegiatan yang bertujuan untuk mencegah gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) seperti pungli, pemalakan, penipuan, premanisme dan memberikan himbauan agar masyarakat selalu waspada terhadap hal-hal yg mengganggu Kamtibmas lainnya sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya.

Ops Bina Kusuma di awali dengan pelaksanaan apel bagi personil yang bertugas dalam Sprint Ops Bina Kusuma tahun 2021.  Kasat Binmas Iptu Syafril, S. Pd selaku Kaset Ops memberikan arahan tentang CB (cara bertindak) dalam pelaksanaan giat Ops tersebut.

Personil Sat Binmas, personil Polres Sijunjung yang tergabung dalam Ops Bina Kusuma masuk ke gang-gang pasar guna memberikan penyuluhan dan pembinaan. 

Pelaksanaan Binluh (Pembinaan dan Penyuluhan) antara lain dilakukan terhadap petugas parkir dan petugas pasar, antara lain agar melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang ada seperti penggunaan seragam bagi petugas parkir, penggunaan karcis parkir dalam pemungutan uang parkir, serta menjaga agar tidak terjadi berbagai praktik yang melanggar seperti tindakan pungli dan pemalakan.

Di samping itu bagi pengunjung pasar, petugas memberikan himbauan menggunakan pengeras suara toa, mengingatkan agar selalu tetap waspada terhadap bahaya kejahatan, serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. Bagi pengunjung pasar yang tidak disiplin diberikan teguran agar selama beraktifitas di pasar tetap mematuhi prokol kesehatan.

Pelaksanaan Ops Bina Kusuma tahun 2021 di Pasar Gambok Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII berjalan dengan sukses aman dan lancar di bawah pimpinan KBO Sat Binmas Iptu Zulfa Hendri, yang di dampingi oleh Kapolsek Koto VII Iptu Efendi beserta jajaran.

 

 

 

(Ari Yunanda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply