Wujudkan Zero Accident, Satlantas Polres Sijunjung MOU dengan Kemenag dan Sosialisasi ke Sekolah di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung Ι Media Polisi Indonesia – Senin (22/3/2021) Dalam rangka menindaklanjuti Mou Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumatera Barat Kombes Yofie Girianto, S.I.K, M.H. dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan Kakanwil Kemenag Sumatera Barat.

 

(SDN 20 Muaro Sijunjung Sumatera Barat)

 

Kasat Lantas Polres Sijunjung Iptu Ghanda Novidiningrat Gunawan. S. I.K. MH, memimpin kegiatan aktivasi kurikulum lalulintas masuk sekolah. Dengan kegiatan memberikan pengarahan di sekolah, kali ini kegiatan menyasar ke SDN 20 Muaro, dalam hal ini di wakili oleh Kanit Regident Aiptu Mulliadi bertindak sebagai pembina upacara dan Kanit Dikyasa Bripka Irwandi menjadi pengambil apel di kantor Kemenag Kabupaten Sijunjung.

( Kanit Regident Aiptu Mulliadi dan KS Syafni Nurti, S.Pd) 

 

Dalam arahannya di SDN 20 Muaro, Aiptu Mulliadi menyampaikan tentang perlunya peserta didik latihan lagi, sehingga mahir dalam berbaris, khususnya dalam menjalankan tugas sebagai pelaksana upacara bendera. Aiptu Mulliadi juga menambahkan, ” Bahwa dalam rangka menekan angka kecelakaan lalulintas yang didominasi anak usia sekolah, maka Polisi mengajak semua pihak untuk memperhatikan hal ini, khusus anak usia sekolah maka wajib untuk mematuhi peraturan lalulintas, baik sebagai pejalan kaki, maupun sebagai penumpang pada kendaraan bermotor”.

 

 

“Seperti kewajiban memakai helm, menggunakan sabuk pengaman, berjalan dipinggir sebelah kiri jika berjalan di jalan raya, menyeberang pada tempat yang telah ditentukan (zebra cross), serta senantiasa berhati-hati selama beraktifitas di luar rumah, khususnya jalan raya. adik-adik semua di minta untuk mengingatkan semua pihak jika ada yang lupa aturan, seperti ketika kamu membonceng pada kendaraan bermotor, maka jangan lupa untuk meminta helm kepada tukang ojeknya, sehingga kepala kita terjaga dan terlindungi, begitu juga dengan orangtua kita, maka minta helm jika kita berkendaraan roda dua, dan juga jangan lupa untuk menggunakan masker karena kita berada di masa Pandemi Covid 19 ” Ungkapnya. Upacara Bendera yang di mulai pukul 07:30 WIB hingga selesei, diikuti dengan antusias dan khidmat oleh keluarga besar SDN 20 Muaro. 

 

( Kanit Dikyasa Bripka Irwandi menjadi pengambil apel di kantor Kemenag Kabupaten Sijunjung )

Pada saat bersamaan Kanit Dikyasa Bripka Irwandi bertugas sebagai Pengambil Apel di Kantor Kemenag, dalam kegiatan ini ada beberapa arahan, diantaranya Perjanjian kerjasama antara Satlantas Polres Sijunjung dengan Kemenag tentang Pendidikan lalu lintas masuk pada mata pelajaran PPKN di tingkat MI, MTS, dan MAN di lingkungan Kemenag Kabupaten Sijunjung. Penyampaian tentang hak dan kewajiban di jalan raya bagi pengguna jalan dan penerapan Prokes dalam setiap aktifitas khususnya di luar rumah.

(MOU Satlantas Polres Sijunjung bersama Kemenag Sijunjung)

 

“Sosialisasi tertib berlalu lintas akan terus diIntensifkan dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar. Karena kasus kecelakaan di jalan raya saat ini masih didominasi usia pelajar, ” ujar Kanit Dikyasa.

Lebih lanjut, Irwandi menerangkan, sosialisasi ke sekolah-sekolah akan terus digencarkan mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah tingkat atas di seluruh Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan sosialisasi tersebut agar meningkatkan pengetahuan serta upaya membangun kesadaran dari sejak usia sekolah  agar terciptanya situasi kamseltibcar lantas.

“Kami berharap para siswa bisa membantu kepolisian menjadi duta keselamatan dan penyampai berita bagi keluarga dan anggota masyarakat agar tertib berlalu lintas,” tambahnya.

 

 

Reporter: AY

Satlantas Polres Sijunjung

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply